Kamis, 26 November 2009

Latar Belakang Jaringan

Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard University yang dipimpin oleh Prof H.Aiken.
Pada mulanya proyek itu hanya ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. , sehingga itu terciptalah proses beruntun ( Batch Processing ) sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antrian.


Di tahun 1950an jenis komputer mulai berkembang , sampai terciptanya super komputer , maka sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal.
Sehingga ditemukanlah konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS ( Time Sharing System ) , maka untuk pertama kali dibentuk jaringan ( Network ) diaplikasikan.
Memasuki tahun 1970an setelah beban pekerjaan semakin bertambah dan harga perangkat komputer yang semakin mahal maka mulailah digunakan konsep distribusi ( Distributed Processing ) . Dalam proses ini bebeapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melauani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer.

Ketika harga-harga komputer kecil sudah menurun dan konsep proses distribusi sudah matang , maka penggunaan komputer dan jaringgannya sudah mulai beragam dari mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar komputer ( Peer to Peer) tanpa melalui komputer pusat. Untuk itulah mulai berkembangnya teknologi jaringan lokal yang kita kenal dengan sebutan LAN .
Demikian juga ketika Internet mulai diperkenalkan , maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa WAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar