Minggu, 29 November 2009


Topologi Jaringan Komputer

Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan.
Macam - macam topologi sebagai berikut :

1.Topologi BUS

Keuntungan :
. Hemat Kabel
. Layout kabel sederhana
. Mudah dikembangkan
Kerugian :
. Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
. Kepadatan lalu lintas
. Bila salah satu client rusak , maka jaringan tidak bisa berfungsi.
. Diperlukan repeater untuk jarak jauh.


2.Topologi Token RING
Metode token ring ( sering disebut dengan ring saja ) adalah cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring . Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama. Jaringan akan disebut sebagai loop , data dikirimkan ke setiap simpul dan setiap informasi yang diterima simpul diperiksa alamat apakah data itu untuknya atau bukan

Keuntungan :
. Hemat Kabel
Kerugian :
. Peka Kesalahan
. Pengembangan jaringan lebih kaku

3.Topologi STAR
Kontrol terpusat , semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasiun primer atau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server . Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu- waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server.

Keuntungan :
. Paling fleksibel
. Pemasangan / Perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu
bagian jaringan lain
. Kontrol terpusat
. Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan / kerusakan
. Kemudahan pengelolaan jaringan
Kerugian :
. Boros Kabel
. Perlu penanganan khusus
. Kontrol terpusat ( HUB ) jadi elemen kritis

4.Topologi MESH
MESH topologi dibangun dengan memasang link diantara stasion - stasion . Sebuah fully connected mesh adalah sebuah jaringan dimana setiap terminal terhubung secara langsung ke semua terminal terminal yang lain . Biasanya digunakan pada jaringan komputer kecil. Topologi ini secara teori memungkinkan akan tetapi tidak praktis dan bioayanya cukup tinggi untuk di implementasikan. Mesh topologi memiliki tingkat redundancy yang tinggi . Sehingga jika terdapat satu link yang rusak maka suatu station dapat mencari link yang lainnya.

5.Topologi TREE
Tree topologi dibangun oleh Bus Network yang dihubungkan secara bersama - sama . Contoh : setiap gedung dalam suatu kampus memiliki Bus Network yang telah terpasang , maka setiap network dapat disambungkan secara bersama - sama untuk membentuk sebuah tree teknolgi yang bisa mencover semua kampus. Karena tree topologi terdiri dari Bus Topologi yang dihubungkan secara bersama maka tree topologi memiliki karakteristik yang sama dengan Bus Topologi. Dia dapat mensupport baik baseband maupun broadband signaling dan juga mensupport baik contention maupun token bus access.

6.HYBRID
Hybrid Network adalah network yang dibentuk dari berbagai topologi dan teknologi . Sebuah Hybrid network mungkin , sebagai contoh , diakibatkan oleh sebuah pengambil alihan suatu perusahaan. Sehingga ketika digabungkan maka teknologi - teknologi yang berbeda tersebut harus digabungkan dalam sebuah network tunggal . Sebuah hybrid network memiliki semua karakteristik dari topologi yang terdapat dalam jaringan tersebut.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar